Pengurus TPK PNPM-MD Desa Tangga Dibentuk Ulang

Senin, 05 Mei 20140 komentar

KM-Tantonga

Sedikitnya 138 warga desa Tangga siang tadi telah menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pengurus Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Program Nasional Pembangunan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MD) periode 2014. Yang dilakukan di aula kantor desa Tangga dari pukul 09.00 s/d 13.25 wita.

Para pengurus terpilih tersebut adalah Mustakim H. AR selaku ketua, M. Nasir H. MS sekretaris dan Dra. Ubaidah sebagai bendahara.

Proses pemungutan suara tersebut dilakukan secara demokratis dengan utusan masing-masing dusun yang dilakukan sekaligus dengan satu paket masing-masing pemilih langsung menentukan tiga nama sesuai jabatan yang dimaksud.

Sebelum pemilihan tersebut dilaksanakan Ir. Bahruddin selaku motivator PNPM-MD kecamatan Monta menjelaskan bahwa digelarnya peremajaan pengurus ini dikarenakan hasil keputusan Musyawarah Desa (MD) khusus beberapa hari sebelumnya. “Yang pada prinsipnya kegiatan semacam ini dilakukan pada awal tahun penganggaran, namun hal ini juga dibenarkan karena berlandas pada hasil MD yang digelar hari rabu lalu,” terangnya.

Perlu dipahami bahwa kepengurusan TPK ini memiliki kewenangan dan tanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatannya yang tentunya para pelaku harus memiliki criteria khusus misalnya kecakapan, memiliki waktu luang dan bertanggungjawab baik itu ketua maupun sekretarin dan bendahara, lanjut Bahar.

Diterangkan pula pelaksanaan fisik saja bukan jaminan program ini dianggap suskses karena harus sejalan dengan administrasinya. “Secara fisik bagus tapi kalau administrasi tidak baik maka akan menjadikan program ini tidak sukses. Dan ini akan menentukan penilaian bagi desa yang bersangkutan, demikian halnya dengan bendahara  pada program ini tidak akan memegang uang kas dalam jumlah lebih dari 1,5 juta dalam dua hari karena statusnya adalah juru bayar,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya Bahruddin menegaskan agar masyarakat mampu menyeleksi para calon yang dianggap mampu dan bertanggungjawab mengantarkan program ini demi kemakmuran desa.[Leo]

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger