Siasati Kekurangan RKB, Gunakan Gedung Aula

Jumat, 23 Januari 20150 komentar

KM. Tantonga, - SMPN 4 Monta pertama didirikan tahun 2006 dengan 10 ruang kelas, sampai berita ini diturunkan genap 8 tahun kondisi tersebut masih belum berubah. Malah kondisi fisik sekolah ini sudah sangat membutuhkan sentuhan renofasi seiring meningkatnya jumlah rombongan belajar nya.

Menurut informasi, kondisi ini diperkuat oleh minimnya data sekolah yang masuk ke dinas Dikpora Kabupaten Bima. “Kondisi fisik sekolah tidak pernah dilaporkan ke dinas, sehingga sejak didirikan jangankan untuk Ruang Kelas Baru, untuk renofasi pun tidak pernah ada” demikian keterangan dari salah satu guru.

Mengantisipasi membengkaknya jumlah rombel, pihak sekolah terpaksa memanfaatkan gedung pertemuan untuk ruang kelas. Dari 18 rombel yang terbagi atas 6 rombel setiap kelas tersebut gedung yang ada tidak mencukupi untuk masuk pagi, “Untuk itu kami menggunakan aula pertemuan yang disekat menjadi dua ruangan sehingga kls 2 dan 3 masuk pagi, sebelumnya satu rombel masuk siang sehingga dengan menggunakan triplek sebagai pembatas jumlah ruang kelas menjadi 12,” ungkap Drs. M. Saleh Musa kepala SMPN 4 Monta.

Mengingat kebutuhan, aula tersebut akhirnya dipermanenkan menjadi dua ruang kelas. “Triplek dinilai tidak nyaman, kami sepakati untuk membagi dua gedung tersebut dengan menggunakan pos rehab ringan dana BOS,” ungkapnya jum’at.

Diterangkannya saat ini jumlah siswa sudah mencapai 447 orang dengan jumlah guru sebanyak 68 orang terdiri atas 20 orang Pegawai negeri sipil, 6 orang tenaga honda dan 42 orang guru sukarela. Ditambah pegawai 3 orang PNS, 1 tenaga honda san 14 sukarela. “Tanggungan untuk sukarela mencapai 40 juta rupiah setiap bulannya, untuk itu kami sementara ini tidak bisa merekrut tenaga sukarela baru karena jumlanya sudah lebih dari cukup,” terangnya di ruang kerjanya.

Sejak pengangkatannya 1 desember 2014 itu, M. Saleh telah banyak memberikan sentuhan untuk kemajuan sekolah ini  termasuk untuk mengupayakan renofasi seluruh ruangan kelas yang sudah cukup parah tersebut, “Kami telah mengajukan permintaan untuk rehab total kepada pihak kabupaten, dan semoga permintaan pertama kali SMPN 4 Monta ini cepat mendapat respon dari pemerintah kabupaten,” harapnya.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger