Keindahan Pantai Rontu

Sabtu, 22 September 20121komentar

KM Tantonga – Nampaknya Sektor Pariwisata Kabupaten Bima tidak bisa dipandang sebelah mata nyatanya banyak potensi wisata yang tersebar dipelosok kabupaten yang masih belum dikembangkan termasuk salah satunya adalah Pantai Rontu yang berada di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta. 

Pantai rontu adalah pantai yang berada disebelah selatan Kabupateb Bima dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan hamparan pasir putih yang indah dan perairan laut yang tidak berombak besar, serta panorama pegunungan sekeliling yang eksotis membuat pantai rontu sangat mengagumkan. Bagi yang hobi olahraga laut, banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini seperti berenang, memancing, bersantai, dan kegiatan lainnya yang sekarang sedang mendunia “surving dan diving”. 

Hamparan pantai di bibir Samudera Hindia ini cukup potensial dan menjanjikan harapan. Untuk itu perlu adanya upaya yang sistimatis dan berkelanjutan dari pemerintah daerah untuk merawat, menata dan mengelola pantai ini agar menjadi obyek wisata andalan Kabupaten Bima. Di setiap hari minggu dan hari libur, banyak warga sekitar menikmati keindahan panorama pantai ini padahal lokasi pantai rontu lumayan jauh dari pusat kota Bima, kadang banyak juga turis mencanegara yang mendatangi pantai ini untuk berselancar. 

Tetapi sekarang kedaan Pantai Rontu sangat memprihatinkan dengan kurangnya perhatian pemerintah kaubupaten mengakibatkan pantai rontu seperti pantai yang tidak terurus dimana mata pencaharian warga disekitar adalah mencari “gose” atau gargasum yang membuat pantai ini menjadi kotor dan tidak terawat. Seharusnya pemerintah mempunyai andil khusus untuk mengembangkan potensi wisata yang ada sehingga mampu menjadi aset pendapatan asli daerah untuk kedepannya. 

Untuk mencapai lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari ibukota Kabupaten Bima dan 1 jam dari terminal Tente Kecamatan Woha. Meski demikian, Pantai Rontu masih cukup alami dengan air laut yang jernih dan buih ombak laksana intan dengan hamparan pasir putih merupakan suguhan yang akan di berikan kepada wisatawan yang hadir dan berkunjung. [AL]
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 Desember 2016 pukul 21.22

pantainya bagus,, lain kali aku main deh.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger