Pesona DAM Pela-Parado

Sabtu, 22 September 20120 komentar

KM Tantonga – Dam Pela-Parado adalah salah satu Dam terbesar yang ada di Kabupaten Bima, selain sebagai sumber yang mampu mengairi areal sawah untuk kebutuhan petani di empat kecamatan. Dam ini juga memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan beberapa objek wisata alam lain yang ada di kabupaten Bima. 

Wisata alam yang terletak di Desa Pela, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima ini menampung ribuan kubik air yang datang dari arah kecamatan parado, sehingga Dam ini dinamai “Dam Pela-Parado” yang dikenal hingga kini. 

Dam Pela-Parado juga memiliki panorama alam yang indah dan sejuk, diapit oleh dua pegunungan dengan hutan rimba yang alami menjadi kesan dan pesona alami bagi pengunjung. Selain menikamti panorama alam yang indah pengunjung juga dapat menikmati wisata mancing ikan air tawar, karena air di Dam Pela-Parado juga menyimpan ribuan ekor dari berbagai jenis ikan air tawar yang sengaja di sebar oleh Pemerintah. Bagi anda yang tidak hobi memancing, disini juga ditawarkan beberapa jenis ikan yang dujual oleh pemilik keramba apung yang berada disekitar lokasi Dam. 

Puncak keindahan Dam Pela-Pardo dapat terlihat pada saat musim penghujan ketika pembuangan air disisi Dam telah berfungsi, arus air yang meluap dari sisi pembuangan tersebut akan membetuk seperti sebuah air terjun alami yang menjadi daya tarik dilokasi wisata ini. 

Bagi anda yang berminat mengunjungi DAM Pela-Parado dapat menyewa kendaraan umum jurusan Bima-Parado atau menggunakan jasa Ojeg, naik melalui terminal Dara kota Bima atau terminal Tente Kecematan Woha. Jika punya pilihan lain, bisa juga menggunakan jasa Rent car. Untuk mencapai lokasi wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari ibukota Kabupaten Bima dan 30 menit dari terminal Tente Kecamatan Woha. [AL]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger