Bendungan Desa Tangga Tidak Terawat

Jumat, 08 Maret 20130 komentar


KM-Tantonga
Potensi penyumbatan akibat sampah dan limbah yang bermuara di bendungan tersier desa Tangga kecamtan Monta seharusnya dapat segera diantisipasi, pasalnya dimusim penghujan seperti  sekarang ini bisa saja terjadi banjir yang tentunya akan lebih banyak lagi membawa sampah dan lumpur.

Saat ini saja genangan air tampungan bendungan yang dibangun tahun 1983 tersebut sudah mengalami  pendangkalann akibat lumpur yang dibiarkan mengendap selama bertahun-tahun.

Fajarin salah satu warga menuturkan bahwa dulunya bendungan ini sangat dalam dan airnya jernih. “Berbeda jauh dengan kondisi yang kita lihat sekarang, dimana-mana sampah, potongan kayu gelondongan bahkan di bahu bendungan  telah ditumbuhi rumput dan pepohonan liar,” trangnya.

“Sejak  didirikan dapat  dipastikan bendungan yang menjadi  andalan kecamatan monta ini sebelum Dam Pela Parado  dibangun tidak  sekalipun disentuh oleh pemerintah dalam hal  ini pihak pengairan untuk melakukan perawatan,”  lanjutnya.

“Padahal Bendungan ini memiliki peranan besar sejak didirikan Dam pela parado. Yang artinnya pada saat seperti ini air dapat  ditampung dengan baik dan tidak  tebuang sia-sia  untuk stok  dimusim  panas. Karena kedalaman bendungan ini jika  dilihat dari dasar pintu airnya mencapai 70 meter sementara sekarang air  yang tergenang hanya sebatas dada orang dewasa atau sama dengan pendangkalan yang diakibatkan telah mencapai 97 persen.” Imbuhnya.

Sama seperti  warga petani lainnya fajrin menginginkan agar  pemerintah daerah dapat segera melakukan upaya terbaik. “Belum terlambat untuk memulai dari pada tidak  sama sekali,” tutupnya kamis (7/3-2013) di bendungan desa tangga.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger