Ayo ke TPS

Selasa, 08 April 20140 komentar

KM-Tantonga
Pemilu untuk mencari perwakilan aspirasi rakyat tinggal beberapa jam lagi, diharapkan pada pesta demokrasi yang di gelar tanggal 9 april 2014 ini akan menghasilkan para wakil rakyat yang mau berteriak lantang menyuarakan kepentingan para konstituennya.
Namun yang menjadi pertanyaan adalah sudahkah rakyat yang memiliki hak pilih dapat serta mau menggunakan hak pilihnya. Jawaban sementara adalah dari hasil survey sementara di beberapa wilayah adalah 93 persen mau menggunakan hak pilihnya, namun yang mencengangkan adalah sedikitnya 50 persen tidak mampu menggunakan hak pilihnya lebih dari satu pilihan dalam artian mereka hanya mampu menghafal dan mengingat calon pilihan untuk daerah dapilnya di tingkat kabupaten/kota.
Hal ini banyak ditemui di daerah-daerah pesisir dan dusun-dusun atau desa wilayah pedalaman bahkan tidak sedikit yang tinggal di daerah perkotaan mengaku bingung untuk mencoblos. Terutama para pemilih pemula.
Seharusnya jauh-jauh hari pihak penyelenggara pemilu lebih spesifik memberikan pendidikan politik pada para warga agar tidak asal menjatuhkan pilihan demikian yang diungkapkan salah satu warga. “Peran aktif para calon lebih dominan dalam memberikan pembelajaran politik namun bagaimana dengan para calon yang tidak sempat melakukan hal yang sama terutama calon pusat, DPD bahkan propinsi,” ugkapnya.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger