Dua Gelar Berkat Mbohi Dungga

Rabu, 23 Juli 20140 komentar


Kendati demikian, dalam sejarah perkembangannya pemasaran bumbu penyedap ini tidak sedikit orang yang menjadi suskes. Salah satunya Muhammad Firdaus, S.Pd.S.Pd.I  pemuda desa Parado Rato telah meraih dua gelar kesarjanaanya karena menjual mbohi dungga ini.

Pemuda lajang ini telah lama bergelut dengan mbohi dungga sekaligus mengikuti jejak pelopornya Abdillah, S.Pd sejak tergabung dalam lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pantai Wane desa Parado Rato http://pkbm-pantaiwaneparado.blogspot.com . Yang pada oreantasinya Firdaus menjadi ujung tombak penggerak motifasi warga belajar yang menjadi binaan. Oleh Abdillah melalui lembaga tersebut Firdaus berperan penting dalam membangkitkan minat belajar dan berusaha bagi ratusan warga belajar buta aksara di kecamatan parado.


Dari lembaga inilah dalam bimbingan Abdillah, firdaus yang lahir di desa Parado Rato 12 juli 1987 ini membaur dengan warga untuk memberantas buta huruf dan kemiskinan.
Dengan melalui berbagai rintangan sedikit demi sedikit alumni IKIP PGRI Jember ini membangun ekonominya bersama warga dalam berbagai usaha rumahan termasuk di dalamnya adalah produksi penyedap tradisional yang diPATENkan dengan nama Mbohi Dungga.

Anak sulung dari dua bersaudara ini menikmati aktivitasnya yang selanjutnya dijadikan sebagai sumber keuangan penopang ekonomi keluarganya termasuk membiayai pendidikannya sendiri sehingga mendapatkan dua gelar kesarjanaannya.

Berangkat dari kemasan sederhana dan pangsa pasar yang masih sempit dilakoninya setiap hari dan berkat tekat dan usaha kerasnya Melalui lembaga tersebut Firdaus mulai mendapat jalan untuk memperluas jaringan pasarnya yang tentunya ini dengan melalui fase yang cukup panjang dan pendekatan pada pemerintah daerah.

Sekarang pemuda ini telah membaktikan diri sepenuhnya pada pengutan ekonomi masyarakat parado mempelopori berdirinya berbagai bentuk home industry pada bermacam sumber daya alam yang ada.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger