Kampung Media Siap Dukung Program Bupati Bima

Minggu, 01 Februari 20150 komentar

KM. Tantonga, - Bupati Bima melalui Dishubkominfo mengungdang seluruh anggota kampung media (KM) dalam rangka pembinaan yang dilakukan di pandopo Bupati kamis (29/1). Kehadiran anggota komunitas kampung media saat itu diharapkan akan merespon setiap program Bupati, demikian ungkap Zunaidin, S.Sos, MM kepala dinas Dishubkominfo kabupaten Bima.

Kehadirannya dalam acara yang digelar dari pukul 14.00 hingga 17.20 tersebut menghadirkan juga seluruh komponen pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). “Pertemuan ini hanya untuk pembinaan langsung dari Bupati sebagai penunjang program di tahun terakhir kepemimpinannya periode ini,” pungkasnya.

Berangkat dari pertemuan ini pemerintah daerah melalui dishubkominfo telah menjamin dalam APBD II anggaran pembinaanya sehingga pemerintah berharap peran serta dua komponen tersebut dalam penyajian informasi terutama hal yang menginspirasi pembangunan daerah, sebab menurutnya KIM dengan sumberdayanya akan manjadi bagian dari percepatan pembangunan terlebih keberadaan kampung media yang saat ini telah menyebar di seluruh kecamatan dengan tulisan-tulisannya melalui blog telah menjadi perbendaharaan informasi pemerintah daerah.

Diusianya menginjak tahun ke 5 ini KM telah banyak berkontribusi pada pemerintah daerah dan propinsi, dan akan tetap seperti itu mengawal program-program pemerintah dalam penyampaian informasi pembangunan. “Hari ini pun KM akan tetap menjadi bagian dari program Bupati Bima,” ujarnya di Pandopo Bupati.

Sementara kepala Kampung M. Haryadin, S.Sos dimintai tanggapannya menerangkan keberadaan Kampung Media dilandasi dengan keinginan pemerintah untuk mengetahui lebih dekat aktifitas masyarakat di setiap pelosok yang tidak terjangkau oleh mata pemerintah. “Anggota KM menyajikan informasi tentang kegiatan dan kemauan orang-orang kampung, percakapan di serambi dan lokasi warga bercengkrama baik itu di sawah maupun pertemua-pertemuan warga. Dituangkan dalam bentuk tulisan bagaimana mereka bertutur sehingga pemerintah dapat mengetahui perkembangan masyarakatnya. Maka jika hari ini pemerintah menginginkan dukungan itu sebenarnya telah terjawab sejak KM ini diluncurkan oleh ide cemerlangnya Abdi Fairuz, SH (Abu Macel),” pungkas mantan wartawan senior ini.

Dikatakannya bahwa dukungan pemerintah daerah kabupaten bima seharusnya mendapat apresiasi tersendiri dari anggota KM, “Sebab tidak semua pemerintah daerah sama memandang komunitas ini, Pemda Bima telah banyak memberikan reaword pada anggota KM sementara banyak pemda lain di NTB ini yang tidak terlalu memberi perhatian pada kiprah komunitas anak kampung ini,” tutur pria berpenampilan sederhana ini.

Menutup keterangannya pria murah senyum ini menjabarkan bahwa ide terbentuknya KM dan kiprahnya dalam pelayanan publik telah menduduki peringkat 9 top inovasi nasional. “Dari ratusan inovasi, KM masuk dalam posisi itu adalah hal yang sangat luar biasa, artinya di tingkat nasional KM telah mampu memberikan keyakinan sehingga sejumlah daerah ingin melakukan study banding ke NTB,” tutupnya.[Leo]

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger