Harga Bawang Merah Melemah

Kamis, 02 April 20150 komentar

KM. Tantonga, - Produksi tani Bawang Merah di Monta mulai berkurang namun harga komoditi andalan kabu-paten bima ini mulai melemah pasalnya bebe-rapa hari terakhir harga bawang terus melejit dari harga 1 jt perkuintal hingga 1,7 jt per kuintal-nya, dan hal ini  sempat memberikan senyum semringah di wajah para petani bawang.

Namun sejak hari minggu sore harga bawang mulai melemah ke angka 1,6 juta. kekuatiran  mulai merundung di wajah para petani. sebab pengalaman seperti ini keram mereka alami, bagi para petani yang telah menjual hasil taninya boleh merasa senang namun bagi yang belum sudah mulai was-was.

Muhdar petani desa Tangga yang dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya nyaris gigit jari, pasalnya sehari setelah bawangnya terjual harga mulai turun. “Kemarin saya jual dengan harga 1,6 juta namun hari ini bawang jenis itu sudah turun harganya hingga 1,4 jt saja,” terangnya senin (23/3).

Hal senada diungkapkan oleh nasrullah salah satu pengepul hasil pertanian,   sama posisinya dengan para petani mereka sebagai pengepul pun berpacu dengan waktu, “Justru lebih parah lagi, hari ini kita kumpulkan banyak dengan harga 1,6 juta misalnya, jika besok harganya turun hinga 1,4 juta maka sudah dapat dipastikan kerugian mencapai puluhan juta rupiah dalam sehari,” ujarnya. [Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger