Sejarah perkembangan Desa Tangga

Kamis, 02 April 20150 komentar

KM. Tantonga, - Dilihat dari letak geografisnya desa Tangga yang merupakan ibu kota kecamatan Monta berada diantara desa Sakuru, monta dan desa sie dengan luas wilayah 1.295 Ha dengan perincian pemu-kiman 37, 13 Ha, sawah 185,25 Ha lahan tadah hujan 85,45 Ha kawasan hutan 800 Ha dan lain-lainnya 31, 65 Ha.

Pada jaman sangaji mbojo kata Tangga berasal dari kata Ntangga (bahasa bima) yang artinya bertahan atauingin menetap. Menurut sejarah bahwa bagian selatan gunung belo (doro belo) kerajaan bima disebut sa-ngaji pemberontak meli-puti wilayah waworada dan wuwu pajo yang mana tangga termasuk di dalamnya.

Saat itu sangaji memerintahkan untuk membangun benteng tengah diujung utara Tangga (Mbanta Mboha) dengan pusat pemerin-tahan saat itu ei Rade Kae. Setelah sekian lama berada di rade Kae kemudian pusat pemerin-tahan berpusat di Roko.

Dengan kesepakatan semua pihak saat itu orang-orang yang Ntangga di wilayah sangaji pemeberontak sepakat menetap dengan member nama kampong meeka yakni Tangga. Selama keberadaan desa Tangga terdapat beberapa istilah pemerintahan, nama pejabat dan lamanya menjabat sejak tahun 1945 sebagai berikut : Ompu : Ompu Kafui menjabat selama 12 tahun, Ompu Dua Riba selama 3 tahun, Ompu H. musa 5 tahun dan Ompu Abdurrahman menjabat 2 tahun; berkembang ke istilah Gelarang  yang dipimpin oleh tiga generasi yakni H. Anwar menjabat selama 5 tahun, Ismail Daeng leri 2 Tahun dan Husen Abd. Kadir menjabat selama 6 tahun menyusul istilah yang sampai sekarang disebut sebagai Kepala Desa dengan sistim periodic Achmadin sebagai kepala desa 10 tahun, Mas Djadi 5 tahun, Aminullah, SH 9 tahun, M. Ali Bc.Ku menjadi kades 5 tahun menyusul periode Isra A. Wahab 6 tahun hingga Saat ini PLT kades M. Amin Bakar. [Ipul]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger