Optimalkan ADD, Sejumlah Desa Fokus Pada Pekerjaan Infrastruktur

Minggu, 10 April 20160 komentar

kades Ragi Muhammad Amin
Bima, KM Tantonga-
Desa Panda kecamatan palibelo kini sudah mulai dapat bernafas lega sebab dengan alokasi dana desa (ADD) tahun 2015 telah melakukan pekerjaan fisik yang menunjang pembangunan dan ekonomi desa.

Selai ADD pembangunan itu bersumber juga dari pendapan asli desa (PAD) seperti pajak dan retribusi. Desa panda merupakan slaah satu desa yangmemiliki PAD yang cukup besar dibanding dengan sejumlah desa di sekitarnya sebab selain pemasukan dari beberapa badan usaha juga kesadaran masyarakatnya yang cukup tinggi untuk membayar pajak.

Desa yang mayoritas penduduknya sebagai nelayan dan buruh ini sejak kepemimpinan Yusuf Ahmad telah banyak goresan pembangunan seperti Bak Penampung air bersih yang selama ini merupakan salah satu keluhan masyarakatnya. Bronjongnisasi juga telah mulai dilakukan kendati belum semuanya tuntas demikian juga dengan kantor BPD yang baru dibangun pondasinya. Termasuk juga melalui ADD pembangunan pagar so.

Muhammad Sa’id salah satu anggota BPD membenarkan kondisi tersebut, ditegaskannya pemerintah desa Panda sekarang telah mulai membangun komunikasi dengan lembaga-lembaga desa seperti BPD, “Tidak ada aktivitas di pemerintah desa yang tidak melibatkan BPD sehingga semua keputusan pun tetap atas persetujuan rapat BPD” ungapnya di Panda.

Senada dengan desa Ragi kecamatan Palibelo yang untuk tahun ini menfokuskan pekerjaan fisiknya pada renovasi kantor desa, demikian pengakuan Muhammad Amin kepala desa yang dikonfirmasi selasa kemarin, “Diperkirakan pekerjaan yang dimulai sejak desember ini akan selesai pada akhir bulan april mendatang,” terangnya.

Pria ramah ini juga mengaku, semua perencanaan atas persetujuan BPD dan melalui musyawarah desa, “Bahkan para pemuda terlibat dalam seluruh pekerjaan termasuk keterlibatan mereka dalam setiap perencanaan,’ tutupnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger