Melalui Mulok, Pacu Kreatifitas Siswa Sajikan Masakan Khas Daerah

Minggu, 29 April 20120 komentar

KM Tantonga - Sekolah Dasar Negeri SIE Kecamatan Monta menggelar kegiatan Ujian Sekolah (US) yang dijadwalkan pada tanggal, 23 s/d 26 April 2012 adapun mata pelajaran yang di Uji sekolahkan diantaranya adalah mata pelajaran IPA, IPS, PKn, Agama, Bahasa Indonesia. Matematika, Mulok, Penjaskes, dan SBK, namun yang paling menarik perhatian siswa dari beberapa mata pelajaran yang di uji sekolahkan tersebut adalah mata pelajaran mulok atau (muatan lokal) pasalnya siswa dapat menguji kemanpuan dan kretifitasnya dalam menyajikan masakan khas Daerah Bima melalui ujian praktek. 

Jadwal kegiatan ujian praktek mulok dilaksanakan pada hari Sabtu, (28/4/12), Ayu Larasati salah satu siswi mengaku bahwa "kegiatan mulok sangat disukai dan ditunggu pelaksanaanya" karena setelah berakhirnya ujian tulis hari kamis, (26/4/12) kemarin, hari ini adalah "saatnya kami mengespresikan kebanggaan kami dalam meracik dan menyajikan makanan khas Daerah Bima untuk disuguhkan pada tim penilai," ujarnya.

Beberapa menu yang di sajikan adalah, uta mbeca maci atau (sayur bening khas bima,) uta londe palamara, londe puru (bandeng bakar), lada (urap), dan doco mangge, "otomatis yang terlibat dalam kegiatan ini adalah siswa kelas VI SD dalam rangka memenuhi nilai ujian sekolahnya, dari 34 jumlah siswa dibagi dalam dua kelompok untuk menyajikan menu-menu yang telah diberikan, dibawa pengawasan dan bimbingan guru mata pelajaran mulok sendiri," ungkap Masitah, S.Pd sekaligus guru mata pelajaran mulok tersebut. 

Mursalin Ibrahim, S.Pd, Kepala Sekolah menjelaskan kegiatan ujian prektek mulok ini selain untuk mendapatkan nilai sekolah, juga sebagai pemacu semangat dan kretaifitas siswa dalam meyajikan dan mengenal masakan khas daerahnya sendiri, “sedangkan tim penilai dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang ada di sekolah kami sendiri,” jelasnya. 

Meski dengan menggunakan peralatan yang cukup sederhana dan seadanya tetapi para siswa dan siswi ini antusias dan trampil menunjukan kebolehannya dalam hal memasak, kegiatan ini di pusatkan pada halaman belakang sekolah karena disana lebih luas dan memungkinkan untuk kegiatan ini, setelah menyelesaikan sajiannya dan telah dinilai oleh tim penilai, siswa dapat menikmati hidangan hasil kreasinya dengan anggota kelompok masing-masing. [AL]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger