MTQ Ke-25 Tingkat Kabupaten Bima di Monta, Resmi Ditutup

Minggu, 24 Juni 20120 komentar


KM- Tantonga
Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST, Sabtu (23/6) menutup secara resmi  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-25 Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2012 di Desa Sie Kecamatan Monta.

MTQ yang telah berlangsung selama enam  hari yang dimulai dari tanggal 18 hingga 23 Juni 2012 berlangsung meriah dipadati warga masyarakat dan kafilah dari  berbagai kecamatan untuk menyaksikan sekaligus menjadi saksi lahirnya para juara di bidang keagamaan itu.

Dalam sambutannya di depan Wakil Bupati Bima, Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Ketua TP.PKK Kabupaten Bima, Ketua GOW, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bima, MUI, pejabat eselon II, III,  Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bima. Bupati  yang didampingi Camat Monta Drs. Nurdin M. Said mengatakan even ini telah melahirkan para juara pada masing-masing cabang mata lomba.
Namun demikian pada hakekatnya tujuan penyelenggaraan MTQ yang secara rutin dilaksanakan secara berjenjang bukan hanya untuk mencari para juara tetapi yang lebih penting menjadikan ajang ini sebagai wahana untuk mengukur sejauh mana hasil capaian pembinaan qori dan qoriah serta pembinaan baca tulis Al quran terhadap anak-anak di seluruh wilayah kecamatan. 

"Dengan hasil yang diraih masing-masing kontingen kedepan kita dapat memetakan arah pembinaan anak kita dan para generasi muda agar program membumikan Al quran dapat berhasil dan pada saat yang sama membangun tradisi sebagai juara umum pada setiap penyelenggara MTQ tingkat Propisi Nasional dan Internasional". Harap Bupati H. Ferry.
Pada kesempatan itu, Bupati Bima H.Ferry menghimbau kepada semua pihak untuk bahu membahu mengerahkan segenap pikiran dan tenaga agar dapat mempertahankan kejayaan sebagai daerah yang melahirkan qori dan qoriah yang handal.
Berkaitan dengan program membumikan Al quran secara khusus Bupati H. Ferry menghimbau kepada para Camat dan pengurus LPTQ di masing-masing kecamatan untuk terus menggiatkan pembinaan baca tulis Al quran sejak dini.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bima H. Masykur HMS yang juga sebagai ketua panitia dalam laporannya mengatakan MTQ ke-25 ini diwakili oleh duta masing-masing kecamatan dimana Monta mendapat peningkatan yang biasa demikian juga Wera, Langgudu meskipun masih didominasi kecamatan Sape, Bolo dan Woha.
Perkembangan kedua adalah lahirnya Qori dan Qoriah baru yang mampu yang mampu melewati senior pada MTQ sebelumnya. "Mudah-mudahan dengan program membumikan Al-Quran dan pembinaan yang lebih intensif hasil yang diraih semakin tahun semakin membanggakan.

Terkait dengan dana kegiatan Masykur mengungkapkan, ”niat Bupati Bima H. Ferry Zulkarnaian, ST dalam menyiapkan hadiah bagi Qori dan Qoriah terbaik setiap tahun meningkat, misalnya pada tahun ini untuk golongan haflah Al Quran 5 juz mendapat hadiah sepeda motor yang sebelumnya belum pernah diberikan”. Sehingga total anggaran pada MTQ ke-25 mencapai Rp. 714 juta, dimana sebagian besar dana tersebut diperuntukkan untuk hadiah sebesar Rp 401,3 juta sedangkan sisanya untuk intensif Dewan Hakim dan lain sebagainya. Jelas Masykur.

H. Masykur menambahkan sumber dana berasal dari swadaya masyarakat sebesar Rp 122 juta belum termasuk sumbangan dari Anggota DPR Pusat [Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger