Ayo Pelihara Kesehatan Sejak Dini

Jumat, 28 September 20120 komentar

KM Tantonga - Itulah kalimat yang tercermin dari upaya yang dilakukan oleh pihak puskesmas Monta Utara saat ini dengan program Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah yang diusung dari dana Bantua Operasional Kesehatan (BOK). 

Sejak senin pekan lalu Puskesmas Monta Utara telah mengawali kegiatan tersebut pada 32 SD/MI yang tersebar di kecamatan Monta. Dengan mengerahkan dua tim A dan B terdiri dari semua unsur kedokteran dari spesialis kesehatan gigi, gizi hingga kehetana secara umum. 

Hari ini tim A terdiri dari 4 orang personil melakukan kegiatan di SDN Inpres Simpasai 2 menjaring kesehatan pada 27 siswa SD kls 1 dan 13 anak TK. Penjaringan ini diawali dengan pendidikan sederhana dengan stimulasi alat peraga dengan bahasa yang cukup dimengerti siswa. 

Kegiatan dilanjutkan pada penimbangan berat pen pengukuran tinggi badan anak dilanjutkan pengecekan gigi serta interviu. Dari proses tersebut dirangkum dalam sebuah bentuk laporan yang memuat semua unsur kondisi sang anak. 

Dijelaskan bahwa dari hasil ini akan dilakukan evaluasi kemudian didata kembali untuk menemukan kasus kesehatan anak yang harus mendapat perlakuan medis. 

Ditemui usai melakukan kegiatan penjaringan serta pembagian makanan tambahan anak sekolah (PMTAS) pihak tim yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa pada perkembanganya sementara dapat dipastikan belum ada siswa atau anak yang perlu dirujuk lebih lanjut namun melalui ini banyak ditemukan kondisi anak yang rata-rata pendek. 

Hal ini diramalkan akibat pola asuh orang tua yang tidak konsisten dalam memperhatikan perkembangan sang anak dan juga usia sekolah yang relatif muda yang berakibat pada daya serap anak menjadi menurun. “Demikian halnya pada kesehatan gigi yang pada perkembanganya dibeberapa sekolah yang dikunjungi rata-rata perlu ditingkatkan upaya orang tua dan guru dalam hal mendidik anak untuk merawat gigi karena hal ini penting dilakukan terutama menjaga makanan yang dikonsumsi baik di rumah maupun di sekolah,” ujarnya. 

Pada kesimpulannya bahwa diisyaratkan melalui program penjaringan kesehatan anak sekolah yang dilakukan oleh puskesmas Monta utara setiap tahun ini mengajak orang tuan dan lingkungan serta sekolah untuk mengedepankan perhatian kesehatan sejak dini.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger