Lansia Mari Ke POSYANDU

Sabtu, 12 Januari 20130 komentar


KM- Tantonga
Sabtu, 12 januari 2013 petugas Puskesmas Monta Utara yang dikoordinir langsung oleh dr Efi melakukan kegiatan posyandu untuk warga lanjut Usia. Program rutin bulanan pihak puskesmas ini difokuskan pada desa Tangga bertempat di gedung posyandu dusun Oi roko.

Sedikitnya 40 orang warga lansia yang mendapat pelayan pemeriksaan kesehatan sangat antusias mendatangi lokasi tersebut. Dengan berbagai keluhan  sangat antusias mendatangi lokasi tersebut. Dengan berbagai keluhan yang disodorkan, para kader Posyandu yang telah dilatih khusus oleh pihak puskesmas dengan telaten memberikan arahan dan petunjuk kepada warga yang telah diperiksa.

Sambil melayani dan memberikan resep pada warga lansia, dr Efi menyampaikan bahwa kebanyakan warga yang hadir mengalami keluhan tekanan darah. “Umumnya kita warga Bima tidak terlalu memperhatikan gizi, jadi yang barang yang layak serta enak dikonsumsi itu sudah dianggap makan. Padahal terlebih bagi para lansia seharusnya lebih dominan mengkonsumsi  buah dan sayuran setiap harinya. Hal ini  dilakukan agar asupan gizi cukup terutama untuk menyeimbangkan tekanan darah,” terangnya.

Karena menurutnya bahwa usia ini (50 th keatas-red) sangat mudah dihinggapi penyakit, maka dari itu yang perlu ditekankan agar khususnya keluarga terutama anak-anaknya harus memperhatikan pola makan dan ketercukupan gizi.
Efi juga menjelaskan bahwa setiap periode sejak program ini  canangkan telah banyak memberikan dampak kemajuan pada para lansi, “Artinya apa yang telah disarankan pada warga sudah dapat dipahami, sehingga ketimbang periode sebelumnya yang lebih banyak mengatasi masalah kesehatan, sekarang kita lebih pada saran dan pemeriksaan darah saja berikut pemberian vitami dan obat ringan saja,” ungkapnya.  

Menutup keterangannya Efi berharap agar program ini tidak hanya diterapkan pada desa Tangga saja melainkan pada seluruh desa.

Di tempat yang sama Ahmad (56 thn) warga RT 16 mengaku senang atas pelayanan Posyandu untuk lansia ini. “Yang kita tahu selama ini posyandu hanya untuk  balita dan ibu-ibu hamil saja namun sejak ada pemeriksaan untuk warga seusia kita ini, merupakan kebanggan tak terhingga untuk kami  mendapatkan perhatian dari  peemerintah. Maka  dari  itu ketika ada pengumuman yang disampaikan bahwa jadwalnya hari ini saya langsung datang,” akunya senang.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger