BAZ Fokuskan Penarikan Zakat Fitrah di Masing-masing Desa

Kamis, 25 Juli 20130 komentar

KM-Tantonga
Masuk  pertengahan bulan puasa, pihak Badan Amil Zakat (BAZ) kecamatan Monta telah mulai  membuka tempat-tempat pembayaran Zakat Fitrah.  Di Desa Tangga difokuskan di masjid  raya Assa’id, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
Tahun ini para petugas mengumumkan lebih awal dengan harapan pengumpulan zakat dapat dilakukan secara optial dan penyalurannya nantinya terarah. Karena harus diakui asumsi masyarakat masih menganggap bahwa menyerahkan langsung pada penerima zakat akan lebih afdol ketimbang harus disetor ke BAZ. Asumsi  ini lah yang secara perlahan akan coba dirubah dengan harapan agar kedepannya penggunaan dana tersebut lebih mengenai sasaran dan tentunya tidak tumpang tindih. “Tidak jarang ditemukan di tengah-tengah masyarakat yang mengantarkan zakatnya pada satu sasaran yang tentunya semua penerima zakat tidak merata mendapatkan bagiannya.” Ungkap Aksa Ibrahim ketua  BAZ desa Tangga  ditemui di Masjid  raya desa Tangga (25/7).
Tahun lalu hasil pengumpulan zakat desa  tangga  diperkirakan kurang optimal jika dibandingkan dengan tahun sbelumnya. “Hal ini disebabkan oleh keterlambatan perombakan pengurus,” terang Aksa.
Kendati  demikian untuk  tahun depan pihaknya akan memperbaiki dan meningkatkan kinerja BAZ. “Disisi lain untuk zakat Malnya kita yakini akan jauh lebih besar dari tehun-tahun sebelumnya,” ungkapnya optimis.
Upaya lain untuk meningkatkan keseragaman penyerahan zakat ini akan dilakukan dengan memanfaatkan media ceramah oleh para tuan guru ditiap-tiap pertemuan warga, “Tidak sedikit warga yang masih kurang memahami perbedaan sedekah dengan zakat fitrah, misalnya ada pengemis yang datang ke rumah yang kebetulan dibulan ramadhan, praktis itu dijadikan tempat untuk membayar zakat padahal itu masih dikategorikan sedekah. Namun jika pemberian tersebut dipisahkann maka akan ada dua makna yakni zakat yang kalau dibayar dengan beras sebanyak 2,5 kg dan harus ditambah dengan sedekah lainnya. Dan untuk  menyampaikan hal-hal  seperti ini tentunya secara kontinyu akann disampaikan oleh para tuan guru ketika ada kesempatan hajatan warga,” terangnya.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger