Blokir Jalan Cara Ampuh Sampaikan Aspirasi

Senin, 11 Agustus 20140 komentar

KM-Tantonga

Rupanya sudah menjadi senjata ampuh bagi warga untuk menyuarakan keinginannya dengan melakukan pemblokiran jalan. Serangkaian kejadian yang menuntut untuk segera meminta perhatian pemerintah maupun penegak hukum kerap dirasakan suskses dengan mengganggu kepentingan umum. Sepanjang tahun 2014 ini tidak kurang dari 5 kali warga kecamatan Monta melakukan pemboikotan jalan.

 

Pagi tadi ratusan warga desa Sakuru Monta yang dimotori sejumlah mahasiswa melakukan pemboikotan jalan raya lintas parado tente. Aksi ini dilatari oleh keresahan warga atas lambanya penanganan pihak pelaksana proyek perbaikan jalan raya yang dirasakan banyak menyebabkan polusi udara besar-besaran.

 

Timbunan sirtu disepanjang jalan dari perbatasan desa Baralau dengan Sakuru hingga desa Tangga dirasa terlalu lama, demikian yang dituturkan Sahrul korlap aksi dalam orasinya. “Lebih sebulan kondisi ini berlangsung yang mengakibatkan warga yang tinggal di jalur ini tidak nyaman sepanjang hari. Bias dibayangkan jika sehari saja kita dalam kondisi demikian apa lagi selama lebih dari satu bulan,” ujarnya.

 

Para demonstran juga menilai bahwa kondisi jalan tersebut sudah layak dilanjutkan jika itu menurut pihak pelaksana belum padat. “Terkesan hal ini diabaikan padahal kami selaku warga sudah cukup sengsara dengan keadaan ini,” ketusnya.

 

Pemblokiran jalan ini berlangsung sejak pukul 9.13 wita s/d 14.30 wita yang mengakibatkan antrian kendaraan sejauh lebih dari 2 KM. para pengguna jalan kebanyakan tidak setuju dengan cara tersebut sebab disamping kepentingannya terhambat juga dirasa sangat merugikan banyak pihak.

 

“Seharusnya hal seperti ini cukup dengan disampaikan melalui perwakilan saja dan kalaupun ini dilakukan tidak sampai berjam-jam seperti ini sebab banyak pihak yang merasa dirugikan yang berujung pada empati,” ungkap Nasrullah salah satu pengendara.

 

Kendati demikian tuntutan warga akhirnya ditunaikan, melalui berbagai upaya komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan unsure muspica Monta. Pelaksana proyek sore hari tadi langsung memulai pengerjaanya dan blokir pun dibuka. [Leo]

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger