Hari Libur Kadis Pertanian Sambangi Kelompok Tani

Rabu, 25 Februari 20150 komentar

KM. Tantonga, - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Ir. Muhammad Tayeb memanfaatkan hari libur untuk menyambangi kelompok-kelompok tani. Kegiatan ini dila-kukan untuk menyaksikan langsung kondisi ditingkat petani sekaligus menyerap aspirasi para petani.

Seperti yang dilakukan pada hari kamis lalu, kehadiran Kepala Dinas Pertanian disambut hangat sejumlah kelompok tani di desa Pela Kecamatan Monta bertempat di kediaman kades setempat. Seperti yang diharapkannya untuk memper-oleh referensi atas setiap kunjungan tidak sedikit hal yang diutarakan oleh para kelompok tani hari itu.

Mulai dari persoalan kebutuhan saprodi hingga kendala yang dihadapi petani. “Hal ini lah yang kami harapkan, dimana para petani melalui kelom-poknya akan memberikan masukan untuk dinas terutama kendala yang dihadapi di lapangan. Diharapkan kelompok tani mampu menjalin komunikasi dengan pemerintah desa sehingga dari rekomendasi itu dapat menjadi rujukan langkah solusi yang ditempuh dinas,” ucapnya.

Dijelaskannya dinas kabupaten melekat kewajibannya terhadap petani untuk menyediakan sarana prasarana sekaligus memberikan pendampingan tekhnis dan pembinaan kepada petani, “Tahun ini kami akan mengucurkan bantuan berupa alat penyemprot dan tarpal, berikut beberapa alat produksi lainnya kendati dalam jumlah terbatas disesuai-kan dengan anggaran”. terangnya.

Bentuk lain perhatian yang coba diterapkan melalui kepemimpinannya adalah dengan membentuk tim cepat tanggap baik ditingkat kabupaten mau-pun tingkat kecamatan. “Saya pribadi siap berko-munikasi 24 jam dengan seluruh masya-rakat, mau di rumah maupun dikantor lebih-lebih melalui telpon,” ujar tayeb.

Yang menarik dari pertemuan ini adalah pengakuan lugu salah satu kelompok tani yang menganggap kehadiran kepala dinas di tengah-tengah mereka adalah sesuatu yang luar biasa. “Seumur-umur baru kali ini kami dapat bertatap muka secara langsung dengan kepala dinas, duduk sama rendah dan bebas mengemukakan keluhan kami. Saya ter-haru dengan kehadiran bapak di tengah kami,” ungkap Suaeb Majid ketua kelompok tani so jembatan

Suaeb optimis dengan langkah kadis seperti ini jika dipertahankan akan menjadi motifasi tersendiri bagi petani, ditambah lagi dengan banyaknya infor-masi yang mampu diserap baik oleh pihak dinas maupun para petani “Tentunya masa depan pertanian akan lebih baik dimasa mendatang,” tuturnya polos.

Diakhir pertemuan tersebut kadis pertanian meminta pada pemerintah desa untuk merangkum semua kebutuhan kelom-pok tani untuk dibuatkan proposal setiap lokasi sehingga dapat dilakukan pemetaan penyaluran bantuan.[Leo/Son]

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger