Lima Tahun Lagi, Parado Jadi Sentra Buah

Rabu, 25 Maret 20150 komentar

KM. Tantonga, - Kecamatan parado merupakan wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar  dengan letak geog-rafisnya yang memiliki kultur tanah yang ter-golong subur akan me-mungkinkan untuk semua jenis tanaman untuk tumbuh dan hidup.

Potensi ini tidak sedikit putra setempat yang mencoba untuk memberikan motivasi bagi warga sekitar hutan, ada Abdilah dan Firdaus melalui lembaga PKBM dengan pelopor berantas kemiskinan dan buta aksaranya, ada mantan anggota BPD desa Parado waneh M. Soleh dan juga putra desa parado rato Cincae. Dan masih banyak lagi tokoh muda yang menjadi pelo-por di wilayah tersebut

Semuanya telah menjadi catatan khusus bagi sosok Abdurrahman, S.Sos yang saat ini dipercayakan sebagai sekcam parado. Putra Kiai H. Muhammad Simon tokoh panutan kabupaten bima ini men-coba untuk mengkaji sekaligus menggabungkan SDM dan SDA yang ada di kampung halamannya tersebut.

Disamping itu hal yang paling utama dalam benaknya adalah upaya untuk tetap melestarikan hutan Parado sebagai hutan penyuplai sumber air untuk ribuan hektar lahan di bawahnya. Sebab dalam catatanya saat ini hutan parado telah terancam kelestariannya karena pembalakan liar.

“Untuk itu ada bebe-rapa upaya yang harus dicapai diantaranya untuk wilayah disekitar Dam Pela Parado harus ada hutan lindung yang tidak boleh dijamah dan itu akan menjadi ikon bagi kabupaten Bima nantinya, selain itu untuk daerah hilir yakni disekitar genangan akan dibentuk kelompok masyarakat gabungan parado dan monta untuk mebuka lahan kebun jeruk dan tanaman lain-nya,’ tutur pria santun ini.

Impian itu bukan hanya isapan jempol sebab saat ini dirinya telah memotivasi sedikitnya setengah dari warga desa kanca mengklaim hutan tutupan untuk dijadikan kebun buah. “Sekitar 20 ha hutan di sekitar desa kanca saat ini telah mejadi kebun buah, sehingga areal tersebut aman dari jamahan oknum perusak hutan,” terangnya di halaman kantor Bappeda bima kota rabu.

Dalam kalkulasinya untuk lima tahun parado akan dijadikan kecamtan sentra durian, sepuluh tahun menjadi sentra buah dan 15 tahun keatas akan mengoptimalkan ka-wasan di bawah tegakan untuk ditanami tanaman empat manfaat, “Maka lengkaplah kawasan hutan di wilayah Parado ini akan bernilai ekonomis sekalaigus penampung sumber air bagi separuh kawasan kabupaten Bima, dalam masa itu Parado akan memp-roduksi kemiri, buah-buahan dan kopi serta bahan baku anyaman dan sambal jeruk,” ungkapnya optimis.[Leo]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tantonga Parewa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger